archives

Desain Web

This category contains 1 post

XAMP dan Windows 7

Ada beberapa hal sebenanya yg ingin saya bagikan. Beberapa hal mengenai lanjutan ‘ngoprek’ CCTV, tentang koneksi internet dan segala sesuatu yg terkait, tentang olahraga (bahkan!). Tapi saya dahulukan ini aja dulu, sekalian menyegarkan kembali ingatan, karena dulu saya pernah membahas mengenai local server¬† untuk keperluan development seperti yang ini Menginstal WordPress pada local server.

Kali ini saya coba packed lain sebagai basis untuk web development yaitu Apachefriends XAMPP.  Di dalam packed-nya (versi untuk Windows) terdapat Apache sebagai Webserver, mySQL, PHP, phpMyadmin, Filezilla, serta Tomcat.

Installasi xampp pada Windows 7 berjalan dengan baik begitu juga ketika menjalankan Control Panel nya. Masalah timbul ketika mencoba memulai (Start) Apache, indikator menampilkan tanda ‘Aktif’ untuk sesaat kemudian hilang. Apache-nya ga mau start nih.

Kesalahan menunjukkan bahwa apache tidak dapat melakukan binding pada port 80 (http). saya chek pake netstat dengan perintah netstat -aon di cmd, ternyata port 80 digunakan secara default oleh Windows 7. Hal ini diperjelas dengan adanya service http.sys yg menggunakan port tersebut.

ywdh, ta matiin aja tu service dengan mengedit registrynya. langkahnya :

1. Jalankan regedit

2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Service\CurrentControlSet\HTTP

3. Buat key Baru dengan jenis DWORD (32-bit)

4. Ganti nama key baru tersebut menjadi ‘NoRun’ (tanpa tada kutip)

5. Ganti value-nya menjadi 1

6. Reboot.

Done! Apache Webserver dapat aktif dengan baik.

%d blogger menyukai ini: